Alasan Daerah Jawa Barat Jadi Tempat Unik untuk Dikunjungi

Satu dari banyaknya provinsi unik di tanah air ialah daerah Jawa Barat. Kawasan tersebut mencakup sekitar 18 kabupaten serta ada 9 kota didalamnya. wilayah ini sendiri beribukotakan provinsi yakni Bandung. Letaknya yang dekat laut juga mempunyai banyak hal menarik didalamnya. Kamu bisa mengunjungi beberapa tempat menarik di dalamnya.

Wilayah ini juga punya keunikan sendiri di mana banyak orang yang ingin tinggal menetap atau hanya berkunjung ke daerah tersebut. Kamu bisa menikmati banyak hal menarik baik dari sisi budaya, kesenian, tempat wisata, bahkan makanan khas di sana juga ada banyak ragamnya.

Banyak hal menarik yang bisa dijadikan alasan mengapa kamu wajib berkunjung ke salah satu provinsi di Pulau Jawa ini. Misalnya saja ialah karena adanya alat musik angklung di mana sudah terdaftar jadi warisan budaya dunia. Hal ini bukan hanya unik, namun juga membanggakan tentunya.

Pada bulan November tahun 2010 silam, memang angklung tersebut sudah masuk dalam daftar alat musik warisan budaya UNESCO yang membuat semakin terkenal hingga internasional. Alat musik ini dibuat menggunakan bambu di mana cara mainnya ialah dengan digoyangkan saja. Meskipun demikian, tapi mampu menghasilkan suara bermelodi indah.

Ulasan Singkat Daerah Tataran Sunda

Provinsi daerah Jawa Barat memang punya keadaaan alam yang wilayah geologisnya cukup lengkap. Di bagian tengah dari wilayah tersebut ialah deretan pegunungan yang ada di sepanjang Pulau Jawa mulai Barat hingga Timur. Untuk bagian utara masuk dalam dataran rendah. Sedangkan bagian selatannya merupakan perbukitan sedikit pesisir.

Daerah beribukota bandung ini punya luas lahan subur. Hal itu dikarenakan tanahnya merupakan endapan abu vulkan serta dialiri banyak sungai. Tidak aneh apabila hampir sebagian besar tanahnya dijadikan sebagai lahan pertanian. Untuk iklimnya sendiri sama seperti daerah di Indonesia lainnya yakni Tropis.

Beberapa penjelasan bahkan mengatakan jika daerah Jawa Barat ini mempunyai jumlah penduduk paling besar. Selain terkenal suhu udaranya yang panas, di beberapa tempat juga populer dengan pegunungan sejuk. Hal tersebutlah juga jadi alasan mengapa banyak orang ingin berkunjung ke daerah ini.

Daerah yang berinukota provinsi Bandung ini punya banyak bangunan industri dalam berbagai macam hal. Perusahaan tersebut juga membantu perekonomian negara Indonesia sendiri. Hingga sekarang ini, daerah tersebut juga jadi pusat dari industri tekstil paling besar dan bahkan jumlah ekspornya cukup banyak setiap tahunnya.

Selain itu juga wilayah itu dikenal menjadi lumbung padi nasional. Di mana sekitar hampir 30 persen dari total luas lahan pertaniannya digunakan untuk menanam padi. Sehingga tidak aneh jika wilayah ini juga dijadikan sebagai tempat untuk meningkatkan perekonomian Indonesia. Bahkan sumber daya kelautannya cukup bagus.

Kebudayaan serta Kesenian Unik Menarik

Kebudayaan yang mendominasi daerah Jawa Barat memang ialah Sunda serta Cirebon. Untuk kebudayaan Sunda itu sendiri memang perkembangannya di wilayah tanah pasundan, tataran sunda, serta priangan. Sedangkan untuk kebudayaan Cirebon di kawasan utara bekas dari karesidenan. Keunikan kebudayaan itu harus kamu ketahui.

Pertama ialah bahasanya. Di wilayah tersebut memang bahasa yang banyak diketahui ialah bahasa, aksara, atau basa Sunda. Setidaknya dalam bahasa ini sendiri punya beberapa dialek seperti brebes, cirebon, banten, serta priangan. Untuk pakaian adat dari wilayah tersebut sendiri juga dapat dibedakan dari bagaimana status sosial masyarakatnya.

Jika kamu merupakan kaum bangsawan, maka akan memakai pakaian kebaya bludru hitam dilengkapi sulaman dari benang emas. Selain itu juga memakai kain kebat yang motifnya ialah rereng. Sementara untuk masyarakat menengah sendiri memakai pakaian dengan dahan putih lengkap adanya kebat batik yang digunakan nantinya.

Sedangkan masyarakat bawah menggunakan pakaian salontren dilengkapi sarung poleng di mana nantinya dipakai diatas bahu. Kebudayaan lain yang wajib kamu tahu adalah rumah adatnya. Umumnya di daerah Jawa Barat sendiri dikenal dengan rumah adat yang sering dinamai dengan imah panggung. Rumahnya sendiri segi empat yang agak panjang.

Untuk lantai rumahnya sendiri berasal dari palupuh. Anyaman bambu yang dikepang ini jadi dindingnya atau bilik. Untuk kerangka rumahnya sendiri dibuat dari kayu dan penyanggahnya dikenal dengan tatapakan di mana dibuat menggunakan batu sebagai tatakan tiangnya. Daun rumbia juga dipakai untuk atapnya.

Kunjungi Destinasi Wisata Fantastis di Dalamnya

Daerah beribukota Bandung ini memang cukup populer dengan indahnya alam bawah lautnya. Bahkan ada banyak destinasi seru di Jabar yang diincar oleh para wisatawan sebab dipopulerkan melalui dunia maya. Bukan hanya itu, udara sejuk karena merupakan wilayah pegunungan juga disukai orang.

Pada daerah Jawa Barat sendiri tidak hanya memberikan kamu destinasi menarik alam saja, namun juga ada banyak sekali destinasi untuk dapat dikunjungi. Mulai dari yang biasa sampai paling unik sekalipun. Hal inilah membuat wisatawan wajib berkunjung ke daerah ini untuk menikmati segala keunikan didalamnya.

Pertama ialah di Pangandaran yakni Green Canyon. Destinasi wisata ini menyimpan banyak keindahan alam dengan bebatuan stalaktik sangat indah. Kamu bisa menikmati tebing-tebing menjulang tinggi dilengkapi adanya sungai dibawahnya. Selain itu juga bisa mendatangi goa dan hunting foto menarik. Banyak aktivitas lain yang bisa dilakukan.

Ada juga taman sakura yang belokasi di kebuk raya Cibodas. Memang diketahui bunga ini berkembang di negara 4 musim. Akan tetapi, di Indonesia pohon dengan bunga berwarna merah muda itu bisa tumbuh. Agar dapat menikmati indahnya bunga ini, maka datang saat bulan Januari-Februari atau Juli-Agustus.

Di Padelarang daerah Jawa Barat kamu akan menjumpai stode garden. Lokasi ini sangat tepat untuk dijadikan spot foto fantastis. Batu-batu alami yang asalnya dari bekas danau purba itu sangat eksotis di pagi atau sore hari menjelang senja. Jangan lupakan kawah putih yang berlokasi di Bandung.

Makanan Khas yang Wajib Dicoba

Berbicara soal wilayah, selain tempat wisata, pasti kurang lengkap jika tidak dibarengi dengan adanya makanan khasnya. Memang salah satu yang membuat sebuah daerah populer, selain tempat wisatanya ialah makanan yang tidak ditemukan di wilayah lainnya. Tiap daerah pasalnya punya keunikan makanan sendiri-sendiri dan patut dicicipi.

Di daerah Jawa Barat, beberapa makanan memang tergolong sehat serta tidak dijumpai di tempat lain. Seperti karedok yang punya banyak kandungan gizinya. Makanan ini dibuat dari sayur sebagai bahan utamanya yang disajikan menggunakan kuah bumbu kacang. Ada juga makanan khas peuyeum yang umum dipakai oleh-oleh.

Makanan tersebut dibuat menggunakan singkong dengan cita rasa menyerupai tape. Namun pada peuyeum ini teksturnya juga lebih kering sebab cara membuatnya tidak sama. Selain itu, nasi tutug oncom, sebuah olahan nasi yang dibungkus pakai daun pisang. Kemudian nantinya dibakar menggunakan oncom yang sudah dibumbui.

Ada banyak hal yang membuat wilayah Jawa Barat ini punya banyak keunikan. Sehingga tidak sedikit orang ingin berkunjung untuk sekadar menikmati kuliner maupun objek wisatanya. Untuk itu, jika kamu memang ingin berkunjung ke daerah Jawa Barat untuk menikmati keunikannya, maka pastikan membaca banyak informasi dulu.