Berbagai Manfaat Dari Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah

Pendidikan merupakan salah satu tombak penentu keberhasilan hidup manusia. Hal ini dikarenakan salah satu persyaratan wajib untuk bisa memasuki dunia kerja adalah memiliki ijazah tingkat pendidikan tertentu. Untuk mendukung kesejahteraan rakyat dari segi dunia pendidikan maka pemerintah menyediakan sebuah kartu indonesia pintar kuliah.

Manfaat Kartu Indonesia Pintar kuliah

Tak bisa dipungkiri dalam dunia pendidikan pemerintah selalu memberikan dukungan terbaik bagi rakyat. Hal ini terbukti dari adanya program wajib sekolah hingga jenjang sekolah tertentu. Tak hanya itu saja, pasalnya pemerintah juga memberikan dukungan bagi mereka yang memiliki potensi lebih dalam segi akademik namun memiliki kekurangan dalam segi ekonomi.

Dalam hal ini pemerintah menggelontorkan dana bantuan dalam bentuk kartu KIP kuliah. Tentunya hal ini sangat berguna sekali bagi mereka yang memiliki keinginan melanjutkan program pendidikan yang lebih tinggi.

Harapannya adalah masyarakat akan lebih paham akan pentingnya dunia pendidikan untuk menunjang kehidupan yang lebih baik. Sebenarnya banyak sekali manfaat yang diberikan oleh kartu Indonesia pintar kuliah.

  1. Manfaat yang pertama adalah adanya pembebasan biaya pembayaran kuliah bagi mahasiswa yang bersangkutan. Dalam tahap ini pemerintah akan melakukan pembayaran secara langsung di perguruan tinggi mahasiswa yang bersangkutan. Tentunya dengan sistem seperti ini uang yang digelontorkan oleh pemerintah akan langsung ke tujuan awal dan mahasiswa dapat melakukan perkuliahan dengan sebagaimana mestinya.
  1. Manfaat berikutnya adalah adanya pembebasan dalam tahap pendaftaran seleksi untuk memasuki perguruan tinggi. Beberapa seleksi yang tercover akan dana KIP tingkat perguruan tinggi adalah Ujian Tulis Berbasis Komputer, seleksi mandiri PTN dan PTS, atau seleksi lain. Namun sebelum itu pihak perguruan tinggi akan mengajukan data terkait calon mahasiswa yang masuk ke dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial (Kemensos).
  1. Jika memang calon mahasiswa tersebut sudah resmi menjadi anggota perguruan tinggi sesuai dengan bantuan yang diajukan. Maka pemerintah juga akan memberikan bantuan terkait dengan dana hidup bulanan. Besaran dana yang akan diterima adalah Rp. 700.000 untuk satu bulannya. Jika mahasiswa tersebut memasuki jenjang S1 atau D4 maka bantuan dana kehidupan tersebut berlaku dalam jangkauan waktu 8 semester lamanya.
  1. Untuk mahasiswa dengan jenjang perkuliahan D3 akan mendapatkan dana bantuan kehidupan dalam jangkauan waktu 6 semester lamanya. Sedangkan bagi mereka yang mengikuti jenjang D2 akan mendapatkan bantuan dana sesuai besaran tersebut dengan jangkauan waktu selama 4 semester lamanya.
  1. Dan yang terakhir adalah untuk jenjang D1 akan mendapatkan bantuan dana kehidupan selama 2 semester lamanya.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya berbagai manfaat tersebut dapat dimiliki oleh mahasiswa dengan kemampuan akademik lebih dan juga tergolong dalam pemilik ekonomi kurang mampu. Dengan adanya kartu Indonesia pintar kuliah menjadi salah satu gebrakan terbaik dalam dunia pendidikan saat ini.