Berikut adalah rangkuman kunci jawaban untuk mata pelajaran Tema 8 kelas 5 Sekolah Dasar (SD) halaman 94 Kurikulum 2013.
Dalam materi tersebut, siswa diajak untuk memahami tentang Anak PAUD Aceh yang menampilkan Tarian Jawa sebagai wujud cinta terhadap Tanah Air. Sebelum menjawab latihan soal, siswa disarankan untuk membaca dan memahami materi singkat yang terdapat di halaman 93.
Materi tersebut membawa siswa pada pembahasan mengenai keberagaman budaya di Indonesia, di mana anak-anak PAUD dari Aceh menampilkan tarian dari Jawa sebagai simbol cinta terhadap Tanah Air. Hal ini menunjukkan bahwa cinta dan kebanggaan terhadap Indonesia dapat diungkapkan melalui berbagai bentuk ekspresi seni dan budaya.
Dalam menjawab latihan soal di halaman 94, siswa diminta untuk berdiskusi dan menganalisis lebih dalam tentang makna dari kegiatan yang dilakukan oleh Anak PAUD Aceh tersebut. Diskusi ini dapat mengajak siswa untuk memahami pentingnya menghargai dan merayakan keberagaman budaya di Indonesia serta nilai-nilai nasionalisme yang tercermin dalam tindakan tersebut.
Dengan demikian, pembahasan materi Tema 8 kelas 5 SD ini tidak hanya memperkaya pengetahuan siswa tentang budaya Indonesia, tetapi juga memupuk rasa cinta dan kebanggaan terhadap Tanah Air serta semangat untuk menjaga dan melestarikan warisan budaya bangsa.
Berikut ini kunci jawaban untuk mata pelajaran Tema 8 kelas 5 halaman 94 Kurikulum 2013 yang disajikan dalam artikel ini:
Anak PAUD Aceh Tampilkan Tarian Jawa untuk Menunjukkan Cinta Tanah Air
Yayasan Sukma Bangsa Bireuen di Aceh menggelar lomba seni tari kreasi nusantara.
Lomba ini diikuti oleh sembilan grup tari dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kabupaten Bireuen, Aceh.
Anak-anak dari PAUD tampil lucu dengan seragam unik. Penampilan mereka benar-benar menyedot perhatian ratusan pengunjung.
Kebanyakan peserta lomba menampilkan Tari daerah Aceh. Di antara peserta ada yang menampilkan Tari Ranup Lam Puan, Bungong Jeumpa, dan Tarek Pukat.
Namun, ada pula beberapa peserta menampilkan seni tari dari provinsi lain di Indonesia. Salah satu di antaranya yakni PAUD Tun Sri Lanang.
Anak-anak dari PAUD Tun Sri Lanang menyuguhkan tari Cublak Cublak Suweng dari Jawa.
Tujuh anak laki-laki menyajikan tarian. Mereka mengenakan kostum yang sederhana. Namun, gaya kocak anak-anak dalam menampilkan tarian berhasil memukau para penonton.
“Kita ingin menampilkan sajian yang berbeda. Kita juga ingin menunjukkan kebhinekaan tari di Indonesia,” kata Ibu Surya Murni, pendidik pada PAUD Tun Sri Lanang.
Menurut Ibu Surya Murni, anak usia PAUD seharusnya diperkenalkan dengan keragaman suku bangsa agar bisa melestarikannya kelak.
“Tanpa mengesampingkan kearifan lokal, sewajarnya anak-anak ditanamkan rasa cinta tanah air dengan aneka ragam suku dan budaya yang ada di Indonesia,” tambah Ibu Surya Murni.
Lomba seni tari kreasi anak-anak PAUD merupakan pendekatan dasar agar anak cinta budaya bangsanya.
Semoga ke depan banyak pihak yang menyelenggarakan acara lomba tari agar mendukung upaya mewarisi budaya-budaya Nusantara.
Acara lomba tari sekaligus sebagai ajang kreativitas anak usia dini agar tampil percaya diri di hadapan banyak orang.
Jawablah pertanyaan berikut dengan berdiskusi bersama kelompokmu.
1. Peristiwa apa yang terdapat pada teks “Anak PAUD Aceh Tampilkan Tarian Jawa untuk Menunjukkan Cinta Tanah Air”?
Jawaban: Peristiwa yang terdapat pada teks adalah digelarnya lomba seni tari kreasi nusantara di Aceh.
Peserta lomba menampilkan berbagai tarian daerah Aceh, namun ada peserta lomba menarikan tarian daerah Jawa, dan penampilan anak-anak menarik perhatian pengunjung.
2. Mengapa ada anak yang menampilkan tarian Jawa?
Jawaban: Hal itu disebabkan adanya anak Aceh yang menarikan tarian Jawa karena ingin menampilkan sajian yang berbeda dan menunjukkan kebhinekaan tari di Indonesia.
3. Sikap apa yang dapat ditiru dari teks “Anak PAUD Aceh Tampilkan Tarian Jawa untuk Menunjukkan Cinta Tanah Air”?
Jawaban: Berani tampil dengan percaya diri, menghargai kebudayaan daerah lain, dan cinta tanah air.
4. Tarian apa yang pernah kamu peragakan?
Jawaban: Sesuai tarian yang pernah diperagakan siswa.
5. Apakah kamu berminat belajar tari daerah lain? Mengapa?
Jawaban: Saya berminat belajar tari daerah lain karena ikut melestarikan kebudayaan asli Indonesia sebagai bentuk rasa cinta Tanah Air.
6. Ceritakan pengalaman menarik saat kamu atau temanmu memperagakan tarian daerah lain.
Jawaban: Ada beberapa gerakan yang unik dan mengandung makna-makna tertentu dari setiap gerakan-gerakan tarian tersebut.
Bacalah hasil diskusimu di depan kelompok-kelompok lain dan Bapak/Ibu guru.
Disclaimer:
– Kunci jawaban di atas hanya digunakan oleh orang tua atau wali untuk memandu proses belajar siswa.
– Siswa diharapkan mengerjakan latihan soal terlebih dahulu sebelum melihat kunci jawaban.