Jawaban Post Test Modul 1 Bimbingan dan Konseling: Layanan Dasar

Kunci Jawaban Post Test Pelatihan Mandiri Topik Bimbingan dan Konseling: Layanan Dasar Modul 1 Mengenal Layanan Bimbingan dan Konseling

Guru-guru yang mengikuti pelatihan mandiri mengenai Bimbingan dan Konseling kini dapat menguji pemahaman mereka melalui Post Test setelah menyelesaikan semua aktivitas, termasuk materi, latihan pemahaman, dan cerita reflektif.

Agar dapat mengoptimalkan hasil Post Test, ada beberapa catatan yang perlu diperhatikan:

  • Ibu dan bapak guru dapat mengerjakan soal-soal secara acak, namun penting untuk menjawab semua pertanyaan.
  • Setelah menyelesaikan seluruh soal, pastikan untuk mengklik tombol “kumpulkan” guna mendapatkan penilaian atau rekomendasi.

Berikut adalah referensi kunci jawaban yang dapat menjadi panduan bagi ibu dan bapak guru saat menjawab Post Test Pelatihan Mandiri Topik Bimbingan dan Konseling: Layanan Dasar Modul 1 Layanan Dasar.

Soal & Kunci Post Test Pelatihan Mandiri Topik Bimbingan dan Konseling: Layanan Dasar Modul 1

1. Berikut ini yang bukan etika kerja dalam memberikan layanan BK adalah …
A. Kesukarelaan
B. Keterbukaan
C. Kerahasiaan
D. Kekeluargaan

2. Dengan layanan BK, peserta didik diharapkan mampu …
A. Mendapatkan nilai sempurna di ujian akhir semester
B. Mendapatkan perhatian lebih dari guru
C. Memahami dan menerima diri serta lingkungannya
D. Memahami dan menerima perbedaan

3. Contoh miskonsepsi layanan BK di satuan pendidikan yaitu…
A. Guru BK bekerjasama dan berkolaborasi dengan guru lain memberikan layanan BK
B. Guru mengupayakan pemberian layanan BK kepada peserta didik, meskipun bukan guru BK
C. Layanan BK hanya diperuntukkan bagi peserta didik yang bermasalah OK
D. Guru BK dan guru lain dapat memberikan layanan BK kepada peserta didik secara individu dan kelompok

4. Dalam upaya memberikan layanan terbaik bagi peserta didik, terdapat strategi besar implementasi layanan BK, yaitu…
A. Strategi implementasi di satuan pendidikan, pemberdayaan keluarga, dan strategi kerja sama dengan mitra
B. Strategi pemberdayaan keluarga dan strategi kerja sama dengan mitra
C. Strategi kerja sama dengan mitra dan strategi di satuan pendidikan
D. Strategi implementasi di satuan pendidikan dan strategi pemberdayaan keluarga

5. Peran guru BK sebagai pengelola program dapat ditunjukkan dengan…
A. Membuka praktik konseling bagi peserta didik yang sedang mengalami masalah
B. Merencanakan dan mengelola layanan bersama wali kelas sehingga wali kelas dapat melakukan layanan di kelas masing-masing
C. Memberikan informasi tentang perkembangan potensi, minat, dan kebutuhan lainnya kepada peserta didik, wali kelas, dan orangtua
D. Membimbing peserta didik untuk mengenal diri dan memfasilitasi perkembangan serta pertumbuhan

6. Layanan BK di satuan pendidikan memiliki peran yang besar dalam menghapus tiga dosa besar pendidikan yaitu…
A. Malas, kekerasan seksual dan intoleransi
B. Perundungan, kekerasan seksual dan intoleransi
C. Perundungan, kekerasan seksual dan malas
D. Intoleransi, perundungan dan plagiarisme

7. Apabila di satuan pendidikan tidak memiliki guru yang berlatar belakang pendidikan BK, yang seharusnya dilakukan oleh sekolah?
A. Meminta orang tua menyediakan layanan BK di rumah
B. Tidak menyediakan layanan BK di sekolah
C. Tugas dan peran BK dapat diampu oleh wali kelas atau pendidik lain yang ditugaskan oleh pimpinan satuan pendidikan.
D. Meminta murid bercerita ke sesama teman

8. Untuk mendukung pengembangan akademik dan karir masa depan peserta didik secara optimal, guru BK dapat bekerja sama dengan bidang akademik di sekolah, keluarga dan masyarakat.
Pernyataan tersebut merupakan peran guru BK sebagai…
A. Konselor
B. Penilai
C. Pembimbing
D. Koordinator

Demikian informasi tentang Jawaban Post Test Modul 1 Bimbingan dan Konseling: Layanan Dasar yang bisa operatorsekolah bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.