Modul 3 PMM membahas tentang Praktik Manajemen Kelas Dengan PDBK, dan peserta pelatihan diwajibkan untuk menyelesaikan post test setelah menerima materi pelatihan ini. Berikut adalah kunci jawaban post test Modul 3 PMM Topik Pembelajaran dengan Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK) tentang Praktik Manajemen Kelas Dengan PDBK.
Harapannya, kunci jawaban ini dapat memberikan panduan kepada peserta pelatihan dalam menjawab pertanyaan post test dengan tepat dan mendalam. Materi ini mencakup aspek-aspek penting terkait manajemen kelas yang melibatkan peserta didik berkebutuhan khusus, sehingga pemahaman yang baik terhadap kunci jawaban ini akan membantu guru dalam meningkatkan keterampilan mereka dalam mengelola kelas dengan lebih efektif.
Dengan memahami praktik manajemen kelas yang sesuai dengan kebutuhan khusus peserta didik, diharapkan guru dapat menciptakan lingkungan pembelajaran yang inklusif dan mendukung bagi semua siswa.
1. Nadya adalah seoran PDBK dengan hambatan belajar spesifik yaitu disleksia. Hal yang dapat dilakukan guru dengan kondisi Nadya yang kesulitan membaca adalah….
A. Meminta teman sebangku Nadya yang masih belum lancar membaca untuk membaca nyaring agar Nadya memahami materi
B. Meminta Nadya keluar kelas bersama guru pendamping melakukan kegiatan yang Nadya sukai yaitu menari
C. Memberikan Nadya buku gambar untuk diwarnai dan dibacanya di rumah
D. Memberikan jam pembelajaran khusus di luar jam pembelajaran umum untuk mendamping Nadya belejar membaca secara individu
Jawaban D
2. Dalam suatu kelas, terdapat PDBK dengan hambatan pendengaran, penglihatan, fisik, dan intelektual.
Bagaimana penyesuaian yang dapat dilakukan untuk PDBK dengan hambatan pendengaran?
A. Guru menambahkan media video dengan kalimat penjelas
B. Guru menyesuaikan materi yang tingkat kesulitannya diturunkan
C. Guru menambahkan media taktil
D. Guru tidak mengubah media, hanya penyesuaian nilai
Jawaban A
3. Materi dalam Asesemen formatif bagi PDBK perlu…
A. Disesuaikan dengan kemampuan peserta didik
B. Disesuaikan dengan kemampuan guru
C. Disesuaikan dengan kemampuan peserta didik lainnya
D. Disesuaikan dengan materi sekolah
Jawaban A
4. Modifikasi pembelajaran dengan kalkulator untuk membantu perhitungan pada PDBK dengan hambatan intelekuan (tunagrahita) prinsipnya sama dengan pembelajaran terdiferensiasi, yaitu diferensiasi….
A. Produk
B. Konten
C. Proses
D. Waktu
Jawaban C
Demikian, kunci jawaban lengkap post test Modul 3 Platform Merdeka Mengajar (PMM) Topik Pembelajaran dengan Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK) tentang Praktik Manajemen Kelas Dengan PDBK