Jawaban Cerita Reflektif Modul 2 Bimbingan Konseling: Layanan Dasar

Soal & Kunci Jawaban Latihan Pemahaman dan Cerita Reflektif Pelatihan Mandiri Topik Bimbingan dan Konseling: Layanan Dasar Modul 2 Layanan Dasar

Guru-guru yang mengikuti pelatihan mandiri mengenai Bimbingan dan Konseling kini dapat menguji pemahaman mereka melalui Post Test setelah menyelesaikan semua aktivitas, termasuk materi, latihan pemahaman, dan cerita reflektif.

Agar dapat mengoptimalkan hasil Post Test, ada beberapa catatan yang perlu diperhatikan:

  • Ibu dan bapak guru dapat mengerjakan soal-soal secara acak, namun penting untuk menjawab semua pertanyaan.
  • Setelah menyelesaikan seluruh soal, pastikan untuk mengklik tombol “kumpulkan” guna mendapatkan penilaian atau rekomendasi.

Berikut adalah referensi kunci jawaban yang dapat menjadi panduan bagi ibu dan bapak guru saat menjawab Latihan Pemahaman dan Cerita Reflektif Pelatihan Mandiri Topik Bimbingan dan Konseling: Layanan Dasar Modul 2 Layanan Dasar.

A. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Apa itu Layanan Dasar?

Latihan Pemahaman : 1. Tujuan layanan dasar dari bimbingan dan konseling adalah…
a. Untuk membantu peserta didik membuat perencanaan individual
b. Untuk memberikan bantuan kepada peserta didik yang sedang mengalami kondisi darurat
c. Agar peserta didik memperoleh pemahaman tentang berbagai isu pribadi, belajar, maupun sosial
d. Agar setiap peserta didik mengenali minat dan bakat yang dimilikinya
Jawab : c

Cerita Reflektif : Bagaimana pelaksanaan layanan dasar di sekolah Ibu/Bapak?
Jawab : Pelaksanaan layanan dasar di sekolah harus diusahakan seoptimal mungkin dengan memberikan fasilitas perkembangan peserta didik. Pelaksanaan tersebut dapat berupa layanan individu maupun kelompok.

 

B. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Layanan Dasar untuk Mencegah Perundungan

Latihan Pemahaman :
1. Apa tujuan memetakan dan menganalisis kebutuhan peserta didik?
a. Untuk mengidentifikasi karakteristik peserta didik
b. Agar kita dapat memberikan layanan dasar yang tepat sesuai kebutuhan
c. Agar satuan pendidikan dapat menyusun projek profil yang tepat
d. Untuk mengidentifikasi kualifikasi konselor yang dibutuhkan
Jawab : b

2. Proses apa yang dilakukan setelah pemetaan dan analisis kebutuhan peserta didik terhadap isu perundungan?
a. Membuat laporan kepada pimpinan sekolah mengenai jumlah kasus perundungan di satuan pendidikan
b. Membuat angket untuk mengetahui kebutuhan peserta didik
c. Membuat topik-topik layanan dasar yang sesuai dengan hasil pemetaan
d. Semua benar
Jawab : c

3. Berikut adalah ciri-ciri yang menggambarkan tahapan perkembangan remaja, kecuali…
a. Mengeksplorasi banyak hal
b. Membutuhkan pemahaman konkret sebelum ke abstrak
c. Mementingkan keberadaannya di lingkungannya
d. Perubahan fisik dan emosi
Jawab : b

4. Evaluasi dan refleksi bertujuan untuk mengetahui apa yang sudah sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan melakukan perbaikan untuk apa yang belum berjalan dengan baik. Pernyataan di atas adalah…
a. Benar
b. Salah
Jawab : a

Cerita Reflektif : Pernahkan ada kasus perundungan di sekolah Ibu/Bapak? Jika iya, bagaimana sekolah menyikapinya?
Jawab : Tidak ada

C. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Layanan Dasar untuk Mencegah Kekerasan Seksual

Latihan Pemahaman :
1. Salah satu metode penyesuaian kebutuhan peserta didik dalam proses pemetaan kebutuhan adalah…
a. Menggunakan pertanyaan tertutup agar peserta didik lebih mudah menjawab
b. Menggunakan alat bantu visual untuk peserta didik di fase awal
c. Melakukan di saat jam istirahat agar pembelajaran tidak terganggu
d. Menambah jumlah guru kelas agar pekerjaan menjadi lebih mudah
Jawab : b

2. Langkah pertama yang dapat dilakukan pendidik sebelum melakukan layanan dasar adalah…
a. Melakukan refleksi bersama dengan peserta didik
b. Memberikan info pada orang tua mengenai kegiatan layanan dasar yang akan disampaikan
c. Mengundang narasumber yang ahli pada bidang dan isu yang ingin disampaikan
d. Melakukan refleksi bersama dengan rekan guru lain
Jawab : b

3. Apa tujuan dari refleksi dan evaluasi kegiatan layanan dasar?
a. Untuk mendapatkan umpan balik terhadap metode penyampaian dan materi kegiatan layanan dasar
b. Untuk melihat pemahaman peserta didik terhadap tujuan kegiatan layanan dasar
c. Untuk mengetahui rencana tindak lanjut yang tepat sesuai dengan kebutuhan peserta didik
d. Semua benar
Jawab : d

4. Topik-topik program layanan dasar disusun berdasarkan…
a. Jumlah kasus kekerasan seksual di masyarakat
b. Arahan dari Dinas Pendidikan setempat
c. Hasil analisis pemetaan kebutuhan peserta didik
d. Semua benar
Jawab : c

Cerita Reflektif : Bagaimana pandangan Ibu/Bapak terhadap pendidikan seksual sejak dini?
Jawab : Pendidikan seksual sejak dini sebenarnya penting sebagai pemahaman awal dan pencegahan kekerasan seksual, namun penyampaian tersebut secara hati-hati agar tidak salah kaprah.

Setelah Ibu dan bapak menjawab pertanyaan pada aktivitas Latihan Pemahaman dan menuliskan Cerita Reflektif, aktivitas berikutnya adalah Ibu dan bapak diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan pada Post Test.

Demikian informasi tentang Jawaban Cerita Reflektif Modul 2 Bimbingan Konseling: Layanan Dasar yang bisa operatorsekolah bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.